0Shares

Unaaha(Humas Kemenag Konawe) — Upacara Peringatan Hari Guru yang dilaksanakan di MTs 2 Konawe dengan Pembina Upacara Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Rusland diikut oleh Kepala Seksi/ Penyelenggaraa, ASN Kemenag Kab Konawe serta Guru dan siswa-siswi MTs 2 Konawe di Kecamatan Wawotobi, Jumat (25/11/2022).

Kepala seksi Penmad Rusland juga membacakan sambutan Menteri Agama RI.

“Tiga tahun yang lalu, kita melepas jangkar dan membentangkan layar kapal besar bernama Merdeka Belajar. Ribuan Pulau dari sabang sampai merauke sudah kita lewati, laut dengan ombak tinggi dan angin kencang sudah kita hadapi”.

Ketangguhan ini dilarang oleh kemauan kita untuk merubah, meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak lagi sesuai dengan tantangan dan kebutuhan zaman. Hal ini juga didorong oleh semangat kita untuk terus berinovasi, menciptakan perubahan dan kebaruan yang membawa kita melompat ke masa depan.

“Mungkin diantara kita sampai hari ini masih ada yang ragu untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajaran di kelas atau dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin satuan Pendidikan. Memang, pada dasarnya tidak ada perubahan yang membuat kita nyaman. Jika masih nyaman, itu artinya kita tidak berubah.

Platform Merdeka mengajar yang kami luncurkan pada awal tahun ini, sepenuhnya kami rancang untuk memenuhi kebutuhan guru akan ruang untuk belajar, berkarya dan berkolaborasi. Platform tersebut kami buat berdasarkan kebutuhan yang ada dilapangan, bukan berdasarkan keinginan kami. Ini adalah perubahan besar cara kerja pemerintahan dalam melayani masyarakat. Dan seterusnya….

Kami juga terus membuka kesempatan bagi para guru untuk mengikuti program Guru Penggerak yang berbeda dengan program pendidikan yang ada selama ini. Program Guru Penggerak bertujuan untuk menghasilkan generasi baru Kepala sekolah dan pengawas.

Begitupula dengan program persiapan calon Guru masa depan kita, khususnya melalui transformasi program pendidikan profesi guru (PPG) Prajabatan yang kini berorientasi pada praktik pengalaman lapangan, mengedepankan metode inquiry dan membiasakan Guru melakukan refleksi.

“Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menyamakan arah perjalanan kita menuju satu tujuan bersama yakni pendidikan Indonesia yang maju berkualitas dan memerdekakan. Bentangkan layar kapal besar ini tanpa kenal lelah, dengan serempak dan serentak kita hadirkan inovasi dan transformasi, mewujudkan Merdeka Belajar di seluruh Penjuru Nusantara. “

“Menteri Agama RI”

0Shares
Jumarlina, S.HI., M.H

By Jumarlina, S.HI., M.H

Seorang Penulis Web pada Humas Kemenag Kab. Konawe