0Shares

Unaaha, ( Humas Sultra )— Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov Sultra H. Zainal Mustamin dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Konawe H. Ahmad Lita Rendelangi, Meresmikan Pendopo Moderasi Beragama di Pendopo Amal Bakti. Senin, 30/5/2022.

Peresmian Pendopo Moderasi Beragama di Kantor Kementerian Agama Kab. Konawe oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa yang di dampingi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov Sultra H. Zainal Mustamin, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Konawe H. Ahmad Lita Rendelangi, Perkopimda dan tokoh-tokoh agama dari berbagai Agama ( Islam, Katolik, Kristen, Hindu dan Budha).

Kakankemenag Kab Konawe H. Ahmad Lita Rendelangi mengatakan dalam laporannya bahwa “Kementerian Agama Kabupaten Konawe terus menyuarakan pentingnya Moderasi beragama dan wawasan kebangsaan termaksud di Kabupaten Konawe ini dengan hadirnya Pendopo Moderasi Beragama di Kemenag Kab Konawe dengan diresmikannya oleh Bupati Konawe dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sultra.

Kakankemenag H. Ahmad Lita Rendelangi, berharap pendopo moderasi beragama bisa menjadi tempat berinspirasi bagi semua pemeluk agama baik intern umat beragama maupun antar umat beragama yang ada di Kab. Konawe sehingga arti dan makna moderasi beragama dan wawasan kebangsaan akan semakin dipahami oleh umat dan pada akhirnya akan tercipta saling menghargai dan menghormati diantara umat beragama dapat terwujud.

H. Ahmad Lita Rendelangi juga mengatakan kita boleh berbeda dalam kebenaran tetapi tetap bersama dalam kebaikan dan tidak disalah artikan sehingga antara pemeluk agama tidak saling menyalahkan atau saling membenarkan diri bahwa dia yang paling benar, karna pada hakikatnya kebenaran itu hanya milik Allah SWT.

“Tujuan Pendopo Moderasi beragama ini tempat dimana semua agama hal-hal yang ingin dibicarakan terkait peristiwa kejadian yang ada di Kab. Konawe, kegiatan keagamaan yang bisa membawah dampak ketidakamanan yang menimbulkan Sara bisa di selesaikan di Pendopo Moderasi Beragama Kemenag Kab. Konawe” Teganya.

“Sambutan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengatakan bahwa Kementerian Agama baik dalam menyampaikan informasi program-program Kementerian Agama maupun sebagai mitra dengan pemerintah daerah menjadi garda terdepan dalam pembinaan dan penyuluhan terhadap masyarakat yg berkaitan dengan agama.”

“Sambutan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengatakan bahwa Kementerian Agama baik dalam menyampaikan informasi program-program Kementerian Agama maupun sebagai mitra dengan pemerintah daerah menjadi garda terdepan dalam pembinaan dan penyuluhan terhadap masyarakat yg berkaitan dengan agama.”

“Moderasi dalam beragama harus diperkuat demi meningkatkan kerukunan dan persatuan. Rendahnya sikap yang moderat ini terjadi lantaran ada fanatisme berlebihan dalam beragama . Adanya beberapa kondisi sosial dimana sikap moderasi ini terindikasi rendah. Salah satunya adalah ada juga orang yang ingin membenturkan pandangan agamanya dengan budaya lokal yang ada seperti Barsanji, Tahlilan dan lainnya. Lalu, ada penolakan pendiri rumah ibadah hingga muncul kelompok – kelompok yang mengganti ideologi negara. Hal ini mengancam keutuhan Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”. Tegasnya

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sultra H. Zainal Mustamin dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehidupan umat beragama di Sulawesi Tenggara ini bisa berjalan damai, rukun, moderat, cerdas. dengan menggalakkan Gerakan Kemenag Sultra Bersahabat Bersih Religius Santun Harmonis Berbasis Teknologi, bersih religius dalam tata kelola reformasi birokrasi yang semakin berintegritas, santun harmonis untuk menguatkan kehidupan beragama melalui penguatan Moderasi Beragama dan berbasis teknologi untuk merespon kemajuan teknologi melalui Digitalisasi layanan ini Program Khusus Menteri Agama dengan Tegline 3B, Bersama kita bisa, Bersatu kita kuat, Bersaudara kita rukun. Ini menginspirasi agar kebudayaan lokal terus terjaga dari rumpun budaya dan bahasa.

0Shares
Jumarlina, S.HI., M.H

By Jumarlina, S.HI., M.H

Seorang Penulis Web pada Humas Kemenag Kab. Konawe